Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Penghargaan Tertinggi Bidang Kesehatan, Wajo Raih Swasti Saba Wistara 4 Kali Berturut-turut

Admin
Rabu, 17 November 2021, 11/17/2021 WIB Last Updated 2021-11-17T11:14:26Z


WAJO - Kabupaten Wajo kembali meraih penghargaan tertinggi bidang kesehatan tingkat nasional. Daerah yang dipimpin Bupati dan Wakil Bupati, Amran Mahmud-Amran SE, ini memperpanjang catatan apik pada gelaran penghargaan kabupaten/kota sehat (KKS) 2021.


Wajo baru saja menyabet penghargaan kabupaten/kota sehat kategori Swasti Saba Wistara 2021. Ini adalah torehan keempat kalinya berturut-turut setelah 2015, 2017, dan 2019.


Penganugerahan penghargaan kabupaten/kota sehat Swasti Saba Wistara digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual, Rabu (17/11/2021). Di Kota Sutera--julukan Wajo--diikuti dari aula Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Wajo.


Hadir pada penganugerahan penghargaan tersebut Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Wajo, Sitti Maryam, Sekretaris FKS Wajo, Muchlis Mammi, perwakilan tim pembina KKS Wajo, forum komunikasi kecamatan, dan sejumlah anggota FKS Wajo.


Selain Wajo, ada 24 kabupaten/kota se-Indonesia yang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. Sementara, 7 kabupaten/kota meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan 4 kabupaten/kota meraih penghargaan Swasti Saba Padapa. Lalu, 3 provinsi pelopor Swasti Saba, yakni Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Timur.



Sitti Maryam menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian penghargaan tertinggi Swasti Saba Wistara yang keempat kalinya diraih secara beruntun.


"Tentunya ini tidak terlepas dari semua elemen yang terlibat. Terima kasih kepada Pemkab Wajo, semua elemen masyarakat, semua pemangku kebijakan, dan semua yang telah membantu untuk menciptakan Bumi Lamaddukelleng sebagai kabupaten sehat sehingga penghargaan tertinggi Wistara kembali di tangan kita di tahun 2021," ujar Sitti Maryam yang tak lain istri Amran Mahmud.


Bunda PAUD Wajo ini juga menyampaikan, Wajo sudah lama mengikuti ajang kabupaten/kota sehat Ini. Pada 2011 Wajo meraih penghargaan KKS kategori Padapa. Kemudian, 2013 meraih penghargaan kategori Wiwerda.


"Alhamdulillah hari ini kita sudah meraih kategori Wistara yang keempat kalinya berturut-turut mulai dari tahun 2015, 2017, 2019, dan tahun 2021 ini. Kita tidak pernah turun kelas," ucapnya.


Maryam yang juga Ketua TP PKK Wajo mengungkapkan, penghargaan ini akan memberikan spirit untuk terus berinovasi dalam membangun lingkungan atau kawasan yang sehat di Wajo.


Diketahui, untuk penghargaan Swasti Saba ada tiga tingkatan, yaitu pemantapan (Padapa), pembinaan (Wiwerda), dan yang tertinggi adalah pengembangan (Wistara).


Pada akhir September lalu, Maryam mendampingi tim verifikasi lapangan untuk memverifikasi dokumen atau berkas kabupaten sehat Wajo. (*)

Iklan

iklan