Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Wakil Bupati Wajo Paparkan Capaian Kerja Duo Amran di Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan

Admin
Rabu, 15 Februari 2023, 2/15/2023 WIB Last Updated 2023-02-15T15:58:35Z


WAJO - Rentetan capaian pembangunan ditampilkan pada Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Wajo, Amran Mahmud dan Amran, di Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Callaccu, Rabu(15/02/2023) malam. Pemerintahan Duo Amran disebut on the track. Satu per satu visi-misi telah terwujud.


Wakil Bupati Wajo, Amran, memaparkan hasil kerja membangun Kabupaten Wajo bersama sang partner di hadapan ribuan undangan dan warga. Seluruhnya selaras dengan visi dan misi: Pemerintah Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera (Pammase).


Untuk misi meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan amanah dengan indikatornya Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) mulai menampakkan hasil. Wajo menjadi tiga besar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan predikat IRB "Baik".


Sama halnya misi meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang cerdas, sehat, dan beriman. Diukur dengan indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Wajo telah mencapai angka 69,62.


"Angka ini sekaligus menaikkan status pembangunan manusia Kabupaten Wajo dari kategori 'Sedang' ke kategori 'Tinggi'," ujar Amran.


Begitu juga di sektor infrastruktur. Program jalan telah tercapai 49,95 persen. Sementara, misi meningkatkan pendapatan masyarakat yang merata dan berkeadilan yang diukur melalui gini ratio menunjukan angka 0,361.


Selain itu, pelayanan kesejahteraan sosial, terutama bantuan sosial yang dahulu seringkali terjadi, mulai teratasi. Hal ini dengan diluncurkannya pusat kesejahteraan sosial berbasis sistem layanan rujukan terpadu pada seluruh desa/kelurahan di Wajo. Bahkan, Wajo menjadi pilot project dari Kementerian Sosial (Kemensos) dalam penanganan bantuan sosial. 


Sementara, pernikahan dini yang selama ini menjadi banyak terjadi juga mulai menurun. "Alhamdulillah dengan keterlibatan UNICEF, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan penyelenggara pemerintahan daerah sampai pemerintahan desa/kelurahan, kita mampu menurunkan perkawinan anak sampai 54,96 persen," paparnya.


Meski begitu, Amran mengaku perjalanan memimpin Wajo tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal terjadi yang kadang di luar perkiraan atau di luar harapan. Hal-hal berupa kesulitan maupun kemudahan datang silih berganti. 


"Akan tetapi, kami selalu yakin dan percaya, optimis dan pantang menyerah, bahwa dengan jalinan sinergitas cita-cita besar dapat diwujudkan. Mari bersama Sipammase-mase bangkitkan Wajo menuju kemajuan dan kesejahteraan," serunya.


Amran juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Wajo, Amran Mahmud, yang memberikan kesempatan pertama kepadanya untuk membawakan sambutan.


Sebelum sambutan, terlebih dahulu pada seluruh yang hadir di RTH Calaccu menyaksikan penampilan aubade dari PGRI Wajo dan penayangan video refleksi empat tahun kepemimpinan Duo Amran.

Iklan

iklan