Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Pasca-Pemilu, Hipermawa Siap Kawal Hasil Pemungutan Suara

Minggu, 18 Februari 2024, 2/18/2024 WIB Last Updated 2024-02-18T02:30:50Z

Sumber Foto: Siti Nurul Ikhsani


Penulis: Siti Nurul Ikhsani

Penyunting: Abdul Wahab Dai


WAJO-Setelah melakukan dialog terkait Pemilu Serentak 2024, Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo (Hipermawa) kini bersiap untuk mengawal hasil pemungutan suara yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan merekapitulasi suara dari masing-masing TPS.


Ada beberapa langkah yang telah dan akan diambil dalam pengawalan yaitu mulai dari menyaksikan langsung perhitungan suara di TPS-TPS, mengawal kotak suara di KPU/PPK, dan pemutakhiran informasi informasi setiap hasil pemilihan di di setiap jenjang.

Siti Nurul Ikhsani (Sumber Foto: Akun WhatsApp Siti Nurul Ikhsani)


Ketua Umum Pengurus Pusat Hipermawa, Muh. Adam Surya mengatakan bahwa dirinya bersama pegiat Hipermawa lainnya siap mengawal pemilu kali ini dengan harapan tak erjadi kecurangan. 


"Selain itu juga teman-teman mendapatkan informasi bahwa beberapa TPS ada yang mengadakan pemungutan suara ulang atau PSU. Dengan demikian pengawalan terhadap perhitungan suara sangat penting," ujar Adam.

Muh. Adam Surya (Sumber Foto: Facebook)


"Hipermawa mengajak seluruh lembaga dan masyarakat untuk terus mengawal hasil Pemilu, termasuk beberapa Komisariat Kecamatan dan Koperti juga ikut dalam pengawalan ini," tuturnya.


Sebagai Ketua Umum Hipermawa Koperti UIN Alauddin Makassar, Siti Nurul Ikhsani menegaskan bahwa Hipermawa mengambil peran yang penting ini dalam melakukan pengawalan dan berharap Pemilu di Kabupaten Wajo berlangsung tanpa kecurangan. "Tentu kita tak menginginkan hal tersebut terjadi,"

Sumber Foto: Siti Nurul Ikhsani


Tidak hanya itu, dialog kepemiluan Hipermawa merekomendasikan perlunya implementasi di lapangan dengan cara melakukan pengawalan Pemilu, berkolaborasi dengan beberapa instansi yang terkait seperti KPU Kabupaten Wajo dan Bawaslu Kabupaten Wajo.*


Iklan

iklan