Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Sebuah Catatan Kecil Perjalanan Samsul Bahri Meraih ke Suksesan di Perantau

Admin
Jumat, 03 Juli 2020, 7/03/2020 WIB Last Updated 2020-07-03T17:28:36Z


SULSELEXPOSE.COM, WAJO --- Kehidupan berat dan penuh keterbatasan mewarnai kehidupan H. Samsul Bahri, A, Ptnh, M.Si selama di Baru Orai Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Ketabahan, kesabaran, dan keteguhan berjuan dalam kehidupan Samsul Bahri adalah warisan dan tempaan dari orang tua dan kakek neneknya merupakan pemimpin di Kampung Baru Orai.

Seluruh rangkaian perjalanan hidupnya selama di Baru Orai dan di Makassar dilaluinya tidak dengan mudah. Semuanya berat dan penuh perjuangan.
Saat masih bersekolah di Makassar, Samsul Bahri bekerja di perusahaan kayu salah satu keluarganya. Hari hari kehidupannya di Makassar dilalui juga dengan tidak mudah.

Memulai karier sebagai PNS di Kantor Agraria Provinsi Sulawesi Selatan (Sekarang: Kantor ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan) dengan golongan II b (melamar menggunakan ijazah SMP). Kesabaran, keikhlasan, dan semangat juang Samsul Bahri yang tidak berubah, walaupun ketika itu hanya pegawai rendahan. Kinerjanya, kepercayaan, amanah yang dibeikan kepada dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada awal kariernya sebagai PNS itu, dia pun merangkap sebagai sopir dinas salah satu Kepala Bagian di kantornya. Nasib berubah ketika Samsul Bahri mendapatkan kesempatan pendidikan Diploma III (D3) di Akademi Pertanahan Yogyakarta.

Kembali bertugas di Makassar beberapa tahun, kemudian lanjut lagi Pendidikan Diploma 4 di akademi yang sama. Selesai pendidikan D4, Samsul Bahri mendapatkan kesempatan melanjutkan karier di Kantor BPN Jakarta.

Jabatan pertama Samsul Bahri sebagai Kepala Seksi di Kantor BPN Jakarta Selatan. Beberapa tahun kemudian, dia menduduki jabatan yang sama di BPN Jakarta Utara dan sempat menjadi Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Kantor di Kantor BPN ini.

Catatan Kecil Perjalanan H. Samsul Bahri, dari Baru Orai Wajo ke Jakarta Pusat

Kemudian, mendapatkan tugas untuk jabatan yang sama di Kantor BPN Surabaya 1, Jawa Timur. Di kantor ini, Samsul Bahri menjadi Pelaksana Tugas Jabatan Kepala Kantor BPN Surabaya 1. Jabatan sebagai Kepala Seksi untuk pertama kalinya terjadi di Indonesia menjadi Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Kantor.

Beberapa bulan menjadi PLT Kepala Kantor, Samsul Bahri diserahi tugas menjadi Kepala Kantor BPN Kabupaten Tabanan, Bali. Hanya sekitar 7 bulan di BPN Tabanan, dia kembali mendapatkan tugas dan jabatan baru sebagai Kepala Kantor BPN di Kabupaten Badung, Bali selama kurang lebih 2 tahun.

Maret tahun 2019, Samsul Bahri mendapatkan tugas sebagai Kepala Kantor BPN Jakarta Timur. Hanya 15 bulan di kantor BPN Jakarta Timur, dia kembali mendapatkan kepercayaan sebagai Kepala BPN Jakarta Pusat yang dilantik pada 30 Juni 2020 kemarin.

Salah-satu prestasi unggul Samsul Bahri di setiap kantor dipimpinnya adalah kemampunan menghadirkani inovasi dan terobosan pelayanan BPN yang berbasis teknologi informasi. Pelayanan yang dihadirkan juga unik alias tidak konvensional denga pendekatan yang berbasis pada kepuasan masyarakat seoptimal mungkin.

Prestasi yang diraih Samsul Bahri beberapa kali berhasil menjadi percontohan di BPN seluruh Indonesia. Kantor-kantor yang pernah dipimpinnya selalu mendapatkan penghargaan di tingkat nasional atas inovasi dan terobosan yang dilakukannya. Tidak hanya sampai di situ, kantor yang dipimpin Samsul Bahri selalu melampui target penerbitan sertifikat yang ditargetkan oleh pemerintah pusat.

Prestasi Samsul Bahri tidak hanya berkaitan dengan urusan kantor, tetapi di sisi lain, dia juga menunjukkan kecintaan dan tanggung jawab tinggi terhadap tanah kelahirnya Baru Orai. Samsul Bahri bersama Salmubi (Perpustakaan B.J. Habibie Politeknik Negeri Ujung Pandang), dan H. Mustang (Pengusaha, Jakarta) mendirikan Taman Pendidikan Baru.

Editor : Andi Ukky

Iklan

iklan