News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gol Semata Wayang Yuran Fernandes Bawa PSM Bekuk Arema

 

Sulselexpose.id, Pare-Pare - PSM Makassar mempertahankan catatan positifnya di pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023. Menjamu Arema, PSM menang tipis 0-1 dalam laga di Stadion Gelora B.J. Habibie, Sabtu (20/8/2022) petang WIB.

PSM Makassar menang atas gol tunggal yang dicetak bek Yuran Fernandes lewat tendangan penalti di menit 40.

Tambahan tiga poin ini membuat PSM ke posisi runner up klasemen sementara dengan 13 poin. Nilai yang sama dengan pimpinan klasemen, Madura United.

Kemenangan ini terasa spesial. Karena PSM Makassar harus membagi fokus dan tenaga untuk BRI Liga 1 dan Piala AFC.

PSM memegang kendali permainan sejak menit awal. Padahal tim berjuluk Juku Eja ini turun tanpa pemain kunci seperti Wiljan Pluim. Beberapa pemain inti juga disimpan untuk laga AFC Cup yang akan dijalani 4 hari lagi. Seperti Rasyid Bakri, Yance Sayuri, Yakob Sayuri dan beberapa pemain lain dicadangkan.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares berani memberi kesempatan para pemain dibawah 20 tahun main sejak menit awal. Seperti Ramadhan Sananta, M. Dzaky, dan Ananda Alief. Mereka dipadukan dengan pemain kunci seperti M. Arfan, Everton Nascimento dan lainnya.

Perpaduan pemain muda dan sarat pengalaman milik PSM bisa memaksa Arema main bertahan. Padahal Arema turun dengan komposisi terbaiknya. Menit 8, PSM punya peluang lewat tendangan bebas M. Arfan. Namun bola masih tipis di atas mistar gawang.

Sementara Arema hanya bisa melakukan balasan lewat serangan balik. Itupun masih sering tidak menemui sasaran.

Menit 19, giliran bek PSM, Agung Mannan dari jarak jauh mengarah ke gawang Arema. Untungnya, Teguh Amiruddin yang jadi kiper utama Arema di laga ini ada di posisi tepat untuk menangkap bola yang meluncur kencang.

Peran Everton Nascimento dan Rizky Eka sangat dominan dalam membongkar pertahanan Arema. Everton yang sebenarnya berposisi striker murni sering turun ke tengah menjemput bola.

Pemain asal Brasil ini coba mengambil tugas yang biasa dijalankan Pluim. Sementara Rizky Eka berkali-kali melakukan akselerasi di sektor sayap kiri.

Menit 39, wasit memberikan penalti kepada PSM. Striker bek Arema, Bagas Adi dianggap melanggar Everton didalam kotak penalti.

Bek, Yuran Fernandes berhasil menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor dan membuat PSM unggul 1-0. Kedudukan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di paruh kedua, Arema menurunkan tiga pemain dengan tipikal menyerang. Dua pemain depan, Ilham Udin Armaiyn dan Dedik Setiawan.

Sedangkan satu lagi gelandang pengatur irama permainan, Evan Dimas. PSM meresponnya dengan memasukkan Yance Sayuri. Pergantian ini mengangkat permainan Arema. Menit 38, Ilham Udin punya peluang saat dapat bola liar diluar kotak penalti. Tapi tendangannya masih menyamping.

Situasi permainan babak kedua lebih seru. Arema mulai mengendalikan permainan. Sementara PSM mengandalkan serangan balik. Tapi kondisi ini membuat PSM lebih berbahaya. Karena pemain Arema mulai fokus mencetak gol. Sehingga ada celah di lini belakang.

Itu terlihat di menit 59. Serangan balik PSM membuat gawang Arema hampir jebol. Namun M. Dzaky yang ada didepan gawang kehilangan keseimbangan sebelum melakukan shooting. Sehingga bola bisa dibuang pemain belakang Arema.

Menit 64, Arema menambah pemain depannya. Kali ini Hanis Saghara diturunkan mengganti Dendi Santoso. Sedangkan PSM melakukan penyegaran di sektor sayap dengan memasukkan Yakob Sayuri.

Pertarungan di lapangan makin sengit. Jual beli serangan dilakukan. Namun hingga menit 80, masih belum ada gol yang tercipta untuk kedua tim.

Arema punya peluang di menit 86 lewat tendangan bebas Bagas Adi. Tapi bola yang meluncur keras itu masih menyamping. Arema terus menekan hingga menit akhir. Namun PSM bisa mempertahankan kemenangan 1-0 dalam laga ini.

PSM (4-1-2-3): Reza Pratama (kiper); M. Dzaky, Erwin Gutawan, Yuran Fernandes, Agung Mannan (belakang); M. Arfan; Ananda Alief, Bryan Cesar (tengah); Ramadhan Sananta, Everton Nascimento, Rizky Eka (depan).

Pelatih: Eduardo Almeida.

Arema FC (4-2-3-1): Teguh Amiruddin (kiper); Rizky Dwi, Bagas Adi, Sergio Silva, Ahmad Alfarizi (belakang); Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono; Dendi Santoso, Gian Zola , Adam Alis (tengah); Abel Camara (depan).

Pelatih: Eduardo Almeida.

Tags :

bm
Created by: Lipu

Sulselexpose.com adalah blog portal berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal.

Post a Comment