Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Dosen UNM Latih Guru SMKN 8 Majene Merancang Media Pembelajaran Video Interaktif.

Uceng
Sabtu, 29 Juli 2023, 7/29/2023 WIB Last Updated 2023-07-29T11:40:31Z


SulselexposeId. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video interaktif di SMK Negeri 8 Majene telah dilaksanakan oleh para dosen Universitas Negeri Makassar pada tanggal 22-23 Juni 2023. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar (LP2M UNM) dengan pihak SMK Negeri 8 Majene dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya pada tenaga pengajar atau guru. Pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi dosen UNM.

Tim pengabdi sekaligus narasumber yang diketuai oleh Ir. Labusab, S.Pd., M.T, dan beranggotakan Ir. Ismail Aqsha, S.Pd., M.Pd. dan Baso Kaswar, S.Pd., M.Kom, melatih sebanyak 30 orang guru. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pembuatan media pembelajaran berbasis video interaktif dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran di era merdeka belajar saat ini. Adapun pokok materi dalam Kegiatan pelatihan ini secara garis besar yaitu; gambaran umum media pembelajaran berbasis video interaktif, aplikasi editing video pada komputer/smartphone, aplikasi evaluasi pembelajaran yang menarik, dan latihan penggunaan aplikasi editing video interaktif. 

Ketua Pengabdi UNM Labusab menjelaskan bahwa “perkembangan media pembelajaran saat ini sangatlah beragam olehnya itu para guru harus mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran, apalagi saat ini pemerintah telah mengeluarkan kurikulum merdeka belajar, sehingga rancangan pembelajaran yang disajikan oleh guru dapat beradaptasi dengan kurikulum yang baru”. Sejalan dengan itu Ismail Aqsha mengungkapkan bahwa “media pembelajaran merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran, media pembelajaran yang menarik akan meningkatkan antusias dan minat peserta didik (siswa) dalam mengikuti pelajaran. Olehnya itu media pembelajaran berbasis video interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam menarik perhatian siswa guna meningkatkan prestasi belajar siswa”. Lanjut; Baso kaswar dalam materinya menjelaskan bahwa “begitu banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat media pembelajaran berbasis video, baik menggunakan media komputer ataupun digunakan di smartphone”.

Salah satu peserta yang hadir, Hasriani, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kegiatan ini sangat membantu terlebih lagi dalam hal pengembangan media pembelajaran dan pengetahuan tentang teknologi pendidikan saat ini”. Dengan pelaksanaan pelatihan ini di SMKN 8 Majene, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menunjang peningkatan prestasi belajar siswa dan mendukung program merdeka belajar.

Iklan

iklan