Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Jaga Populasi Ikan Tawar di Danau Tempe, Gubernur Sulsel Lepas 5.000 Ekor Ikan Mas

Admin
Kamis, 23 Januari 2020, 1/23/2020 WIB Last Updated 2020-05-30T20:18:08Z

SULSELEXPOSE.COM, WAJO — Sebanyak 5.000 ekor benih ikan emas dilepas Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Danau Tempe, Rabu, 22 Januari 2020.

Pelepasan 5.000 ekor benih ikan emas ini guna menjaga kelestarian ekosistem populasi ikan air tawar yang ada di Danau Tempe.

“Danau Tempe ini sebagai aset sumberdaya yang harus dipulihkan daya dukungnya, utamanya keseimbangan ekosistem yang saat ini mulai terganggu akibat sedimentasi dan eutriofikasi. Kondisi ini berpotensi mengancam keragaman jenis ikan yang ada di Danau Tempe. Oleh karenanya penaburan,”katanya saat berkunjung di Wajo.

Seperti diketahui, Danau Tempe merupakan penghasil ikan tawar terbesar di Sulsel. Namun, karena pendangkalan, populasi ikan makin menurun.

Sementara Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud mengaku pihaknya melalui Dinas Perikanan Kabupaten Wajo menebar ratusan ribu benih ikan air tawar atau ikan mas di Danau Tempe setiap tahun. Bahkan biayanya mencapai ratusan juta setiap kali dianggarkan.

“Setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Wajo menabur ratusan ribu benih ikan di Danau Tempe untuk menjaga ekosistem,” jelas Dr. H. Amran Mahmud.

Selain menabur benih ikan mas, Pemkab juga sebelumnya pada November 2019 membantu nelayan dengan memberikan mesin perahu dan berbagai alat tangkap ikan lainnya.(*)


Iklan

iklan