Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Bupati Wajo memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti

Admin
Senin, 03 Januari 2022, 1/03/2022 WIB Last Updated 2022-04-20T14:50:49Z

WAJO -- Hari Pertama berkantor di tahun 2022, Bupati Wajo, Amran Mahmud memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-76 tahun, yang dilaksanakan di Halaman Upacara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo, Senin (3/01/2022)

Dalam amanat tertulis dari Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang dibacakannya, Amran Mahmud, mengajak seluruh jajaran keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kemenag dengan penuh rasa syukur dan suka cita. 

Sebab kata dia, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. 

"Pada setiap peringatan HAB kita juga jadikan sebagai KICK OFF pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya," ucapnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. 


"Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Kemenag juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya," ungkapnya.

Hubungan baik tersebut lanjut Kholiq, diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Kemudian disisi lain tambahnya, dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasi kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020.selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016. 

Terima kasih kepada segenap Pegawai ASN Kemenag, yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama," ucapnya. 

Diapun menyebut, prestasi yang dicapai oleh Kementerian Agama, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta jajarannya. 

Sebagai bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 PNS Kemenag dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dari Presiden RI diberikan kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag, menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,"

Menutup sambutannya, Bupatipun mengajak di HAB ke-76 ini, Kemenag terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

"Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi.

Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai ASN," ajaknya.

Editor : Andi Ukky

Iklan

iklan