1

Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Warga Wajo Harus Melek Pembangunan Desa, Cari Tahu Status Desamu di Sini!

Senin, 24 Juli 2023, 7/24/2023 WIB Last Updated 2023-07-24T16:17:05Z



Abdul Wahab Dai

Kontributor Wajo


WAJO-Ada lima status desa: Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri.

Sekarang kita tinjau 142 desa yang ada di Bumi La Maddukkelleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Merujuk pada pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) 2023, di Wajo tidak ada lagi Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal.

Pada tahun 2021 masih ada 3 Desa Tertinggal, namun memasuki tahun 2022, Wajo sudah nihil Desa Tertinggal, apalagi Desa Sangat Tertinggal.

Tahun ini, di Kecamatan Sabbangparu terdapat 2 Desa Maju yakni Liu dan Pasaka. Sisanya 10 desa berkasta Desa Berkembang. Terdapat 12 desa di kecamatan ini. 

Dari 14 desa di Kecamatan Pammana ada 4 desa maju, yakni Lempa, Patila, Kampiri, dan Tadangpalie, 10 sisanya berkasta Desa Berkembang.

Desa Lamarua, Desa Botto, dan Desa Soro telah berstatus Desa Maju di Kecamatan Takkalalla, yang lain masih berstatus Desa Berkembang.

Salah satu desa di Kecamatan Sajoanging sejak tahun 2022 telah menyandang status Desa Mandiri --kasta tertinggi-- yakni Desa Salobulo. Kini Desa Towalida sudah berstatus Desa Maju. Sisanya masih Desa Berkembang yakni Akkotengeng, Sakkoli, Barangmamase, dan Alewadeng.

Di Majauleng Desa Rumpia muncul tahun ini menjadi satu-satunya Desa Mandiri dan menyisakan 3 Desa Maju (Tosora, Cinnong Tabi, Tellulimpoe). Desa-desa lainnya  masih berkutat sebagai Desa Berkembang. Dua desa di antaranya yakni Tua dan Tajo bahkan masih berstatus Desa Tertinggal pada tahun 2021.

Sappa, Wele, dan Ongkoe di Bumi Tosagena Belawa kini berstatus Desa Maju meninggalkan Leppangeng, Limporilau, dan Lautang pada posisi Desa Berkembang.

Desa Palippu di Tanasitolo menjadi satu-satunya Desa Berkembang. Kecamatan Tanasitolo memborong 6 Desa Mandiri dari 8 yang ada di Wajo. Keenam Desa Mandiri tersebut adalah Nepo, Inalipue, Pakkanna, Assorajang, Pajalele, dan Ujungbaru. Sisanya Desa-Desa Maju.

Maniangpajo yang terdiri dari 5 desa sudah meraih 2 Desa Maju yakni Mattirowalie dan Kalola. Pada tahun 2021 Minangatellue masih di papan bawah dengan status Desa Tertinggal. Sejak 2022 desa ini sudah menyandang Desa Berkembang. Tahun ini bersama dengan Sogi dan Abbanuangnge, Minangatellue berstatus Desa Berkembang.

Dari 23 desa yang ada di Pitumpanua, baru Batu, Lauwa, Tellesang, Buriko, dan Bulu Siwa yang menyandang status Desa Maju, sisanya masih Desa Berkembang.

Seluruh Desa di Kecamatan Bola sudah berkasta Desa Maju. Terdapat 10 desa di kecamatan ini.

Hanya Desa Temmabarang di Kecamatan Penrang yang berstatus Desa Maju. Sisanya masih Desa-Desa Berkembang.

Dari Bumi Cakkuridie Gilireng dilaporkan Arajang dan Abbatireng menjadi dua-duanya Desa Maju dan menyisakan yang lain sebagai Desa Berkembang.

Sementara di Bumi Masiang Kecamatan Keera menyisakan Desa Awo Desa Berkembang, 8 desa yang lain melaju sebagai Desa Maju.

Hanya Tanasitolo, Majauleng, dan Sajoanging yang memiliki Desa Mandiri!

Sebagai warga Desa, pembaca seyogyanya melek pembangunan di desanya. Jika ada peluang, tawarkan diri ke BPD dan Pemdes untuk menghadiri musyawarah dan rembuk yang ada di Desa!

Berikut data IDM 2018-2023 Kabupaten Wajo


Data IDM 2018:

Desa Sangat Tertinggal : 0 

Desa Tertinggal : 56 Desa

Desa Bekembang : 85 Desa

Desa Maju : 1 Desa

Desa Mandiri : 0 Desa


Data IDM 2019:

Desa Sangat Tertinggal : 0

Desa Tertinggal : 21

Desa Berkembang : 110

Desa Maju : 11

Desa Mandiri : 0


Data IDM 2020:

Desa Sangat Tertinggal : 0

Desa Tertinggal : 6

Desa Berkembang : 119

Desa Maju : 17

Desa Mandiri : 0


Data IDM 2021:

Desa Sangat Tertinggal: 0

Desa Tertinggal: 3

Desa Berkembang: 110

Desa Maju: 27

Desa Mandiri: 2


Data IDM 2022:

Desa Sangat Tertinggal: 0

Desa Tertinggal: 0

Desa Berkembang: 96

Desa Maju: 40

Desa Mandiri: 6


Data IDM 2023:

Desa Sangat Tertinggal: 0

Desa Tertinggal: 0

Desa Berkembang: 82

Desa Maju: 52

Desa Mandiri: 8


Sumber Data: P3MD/PMD Kabupaten Wajo


Foto: Penulis berpose di depan usaha kuliner Roti Maros di Desa Salobulo, salah satu Desa Mandiri di Kabupaten Wajo.

iklon

Iklan

iklan

iklan