Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Urgensi Kelembagaan Pangan Nasional dalam Transformasi Sistem Pertanian yang Berkelanjutan

Sabtu, 23 Maret 2024, 3/23/2024 WIB Last Updated 2024-03-23T14:16:05Z



Oleh Muliyadi Ahmad

Aktivis Milenial


Indonesia terkenal sebagai negara agraris karena sebagian penduduknya bekerja di sektor pertanian. Di dalamnya, petani merupakan pelaku utama dalam sektor pertanian yang berperan penting dalam mewujudkan ketahanan pangan. Melalui petani, kebutuhan pangan rumah tangga hingga bahan baku industri dapat terpenuhi dengan baik. 


Namun, petani seringkali dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang rumit. Dan tak jarang permasalahan tersebut justru menyebabkan kerugian yang besar bagi mereka. Tak tanggung-tanggung, masalah tersebut muncul setiap tahun dan masih menjadi misteri dalam penyelesaiannya. 


Lantas, apa saja yang menjadi masalah menahun sektor pertanian negara ini? Simak faktanya berikut ini. 


Pertanian Dipandang Sebelah Mata


Stigmatisasi masyarakat masih banyak menganggap bahwa pertanian hanya berujung kepada mencangkul saja. Sehingga terkesan sektor pertanian adalah jorok dan miskin. 


Citra sektor pertanian yang tampak kotor dan miskin didasari oleh tidak adanya bukti kuat yang mengatakan bahwa bertani itu menjanjikan. 


Bukan berarti seluruh petani itu miskin. Namun, kebanyakan ekonomi petani masih termasuk kelas menengah ke bawah. 


Krisis Regenerasi Petani Muda


Rendahnya minat regenerasi muda untuk terjun ke dunia pertanian terlihat dari statistik sebesar 61 persen petani berusia  di atas 45 tahun. Padahal, generasi muda adalah generasi penerus sekaligus kunci keberhasilan sektor pertanian. 


Jika tidak segera ditangani, ketahanan pangan nasional akan sulit dicapai bangsa ini. Salah satu program yang mulai banyak digerakkan adalah modernisasi pada pertanian itu sendiri sehingga tampak lebih baik. Pertanian digital adalah hal yang menarik untuk mengubah citra pertanian menjadi bisnis yang menarik. 


Rantai Niaga yang Merugikan Petani


Kesenjangan pembagian keuntungan yang didapat antara petani dan distributor, petani yang paling banyak dirugikan. Hasil yang didapat tidak sebanding dengan risiko yang dialami petani. 


Kondisi demikian yang menyebabkan pekerjaan sebagai petani tampaknya tidak menjanjikan. Keuntungannya tak seberapa, belum lagi dihitung dengan kerugian ketika cuaca tidak mendukung ataupun serangan hama. 


Untuk itu, diperlukan sarana yang mampu memotong rantai perniagaan yang cukup panjang untuk komoditas pertanian. Harapannya, petani mampu menyediakan produknya secara langsung ke konsumen sehingga keuntungan yang diperoleh petani pun meningkat. 

 

Modal Bagi Petani


Kesulitan yang juga sering menimpa petani adalah mencari modal. Usaha tani yang tidak bisa memberikan kepastian, yakni bergantung pada alam, menyebabkan pemberi kredit enggan mengeluarkan uang kepada wirausahawan di bidang pertanian. 


Alih Fungsi Lahan


Banyak terjadi di pulau Sulawesi, padatnya penduduk dengan tingkat kebutuhan yang tinggi menyebabkan lahan-lahan pertanian diubah menjadi perumahan dan gedung-gedung bertingkat. Produktivitas yang tidak seberapa ditambah dengan lahan yang semakin sempit menyebabkan perekonomian petani semakin terhimpit. 


Selain masalah di atas, pastinya masih banyak masalah lainnya yang perlu segera untuk diselesaikan. Penyelesaian masalah tersebut tentunya harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat yang terlibat mulai dari petani hingga pemerintah.


Teknik Budidaya Kurang Presisi


Presisi yang dimaksud di sini adalah bertani dengan teknik yang benar dan tepat guna. Di lapangan, pertanian dilakukan berdasarkan naluri dan pengalaman. Jarang sekali petani di Indonesia yang berasal dari kalangan terdidik yang sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang pertanian. 


Misalnya, pemberian pupuk dengan dosis yang tepat, penanganan hama yang benar, ataupun proses pascapanen yang seharusnya dilakukan sehingga nilai jual produk lebih tinggi. Selain itu, benih yang digunakan sebagai bahan tanam bukanlah benih bersertifikat.


Idealnya, pemerintah melalui kelembagaan pertanian melengkapi pengetahuan masyarakat tani dengan menurunkan penyuluh pertanian. Benar, program ini sudah berjalan. Namun, tak jarang pula, penyuluh kurang menguasai masalah pertanian itu sendiri. Alhasil, petani pun bersikeras dengan pengetahuan yang dimilikinya.


Pertani harus mulai terbuka dengan informasi Digital agar masa depan pertanian Indonesia semakin menguntungkan dan menjanjikan


Masa depan dunia bergantung kepada asupan gizi dan ketersediaan pangan dan pakan yang baik pada saat ini. Dengan memperkuat kerjasama dan kolaborasi semua pemangku kepentingan, pemerintah, asosiasi, produsen, pelaku usaha termasuk petani, peternak, penyedia prasarana pertanian, semakin mendorong terciptanya hasil pertanian yang berlimpah dan berkualitas serta mendukung ketahanan pangan nasional demi menyambut masa depan yang lebih baik.


Pepatah zaman dahulu tidak pernah lekang oleh waktu. Banyak pelajaran yang bisa dicontoh dari tanaman padi. Tetaplah rendah hati sekalipun Anda berilmu. menjadi solusi yang penting untuk mengatasi tantangan pertanian di masa depan, memberikan manfaat untuk lingkungan dan ekonomi bagi petani demi menjaga pertanian yang berkelanjutan


Apakah ahli pertanian berpihak kepada pertanian atau ke negara/Investor ?

Iklan

iklan