Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Cicu Calon Tunggal, Terpilih Aklamasi Pimpin IKA FKG Unhas 2024-2028

Minggu, 28 April 2024, 4/28/2024 WIB Last Updated 2024-04-28T14:30:14Z



MAKASSAR- Politisi Partai Nasdem drg. A. Racmatika Dewi Yustitia Iqbal alias Cicu terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum dalam Musyawarah Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (IKA FKG Unhas) Periode 2024-2028, Sabtu, 27 April 2024 yang berlangsung secara hibrida.


Peserta luring musyawarah hadir di Hotel Claro Makassar dan peserta daring hadir melalui aplikasi temu virtual Zoom.


Salah seorang pimpinan sidang drg. Andi Fatahuddin, M.Adm.Kes. yang menghubungi media ini mengatakan bahwa Musyawarah IKA FKG Unhas membahas berbagai hal demi mewujudkan keberlanjutan eksistensi lembaga dan untuk senantiasa mewujudkan kolaborasi alumni.


Musyawarah ini digelar setelah berakhirnya masa kepengurusan mendiang drg. Hj. Hasnah Syam, M.A.R.S. (eks anggota DPR RI 2019-2024 Dapil Sulsel II) yang wafat tahun lalu.



Beberapa petinggi alumni yang hadir di antaranya drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D. (Dekan FKG Unhas), drg. Andi Tajrin, M.Kes, Sp.BM (K) --Direktur RSGM Unhas--, Ketua PDGI Cabang Makassar Dr. drg. Eka Erwansyah, Sp.Ort (K), dan Ketua PDGI Wilayah Sulselbar Dr. drg Asdar Gani, M.Kes. 


Hadir pula di antaranya drg. Akkas M. Shamy dan para guru besar FKG Unhas antara lain Prof. Dr. Baharuddin Thalib, drg., M.Kes., Sp.Pros (K), Prof. Dr. drg. Hasanuddin Thahir, MS, SpPerio (K), Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., CWM., dan Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes. Turut hadir pula hampir semua perwakilan angkatan yang sangat antusias mengungkapkan harapan besar akan hadirnya ruang untuk alumni dlam rangka kolaborasi intelektual untuk pembangunan kesehatan.


Menurut Andi Fatahudidin Musyawarah berlangsung sangat harmonis dan akomodatif dengan  memfasilitasi partisipasi peserta baik secara luring maupun daring.


“Sebaiknya tetap kita mengakomodasi semua alumni yang hadir baik di forum maupun via Zoom untuk mendapatkan kesetaraan hak peserta forum mulai dari pengusulan ketua hingga hak suara penuh," ujar Baharuddin Thalib.



Ajakan ini pun disambut baik oleh Hasanunddin Thahir dengan menambahkan pertimbangan “Jika memang ada yang dianggap layak maka sebaiknya dihubungi untuk diminta kesediaannya, meskipun via zoom sebab jauh lebih penting pula komitmen dan integritas untuk membangun eksitensi lembaga dengan kolaborasi antaralumni,” terangnya.


Salah seorang alumnus drg. Akbar Insan Sjahruddin mengungkapkan pula bahwa sangat penting jika memang ada nama yang diusulkan untuk diminta kesediaanya sebagai Ketua IKA FKG Unhas berikutnya (pasca-Hasnah) karena forum ini adalah forum alumni dan alumni adalah kita semua pula yang akan memberi konstribusi baik untuk kolaborasi alumni FKG Unhas.


Pada kesempatan lain drg. Nursyamsi, M.Kes.  pun turut memberikan masukan ke forum agar ke depan IKA FKG Unhas diibaratkan sebuah etalase yang pada hakikatnya mampu menjembatani pluralisme potensi dari alumni sehingga sebenarnya yang dibutuhkan adalah figur dari luar kampus dengan rekam jejak yang baik, partisipatif dan akomodatif.


Menurut Tajrin, IKA FKG Unhas pada dasarnya tetap akan menjadi lebih baik jika dipimpin oleh kalangan non-dosen sebab akan selalu dibutuh kritik dari luar, dan kalangan dosen sedianya akan selalu fokus untuk Tri Dharma Perguruan atinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.


Andi Racmatika Dewi sendiri manyatakan kesediaan untuk mengambil peran bertanggung jawab membangun kolaborasi antaralumni FKG Unhas. 


"Bismillaahirrahmaanirrahiim, saya menyatakan bersedia untuk dicalonkan sebagai Ketua IKA FKG Unhas dan tentu akan selalu bersama dengan guru-guru saya, kakanda dan adinda untuk bersinergi mewujudkan kolaborasi antar alumni FKG Unhas,” lontar Anggota DPRD Propinsi Sulsel ini.


Sebagai pimpinan sidang, Andi Fatahuddin pun meminta tanggapan seluruh peserta dan akhirnya langsung mengesahkan Andi Rachmatika Dewi terpilih secara aklamasi



"Dengan mengucapkan Alhamdulillah, karena hanya satu orang kandidat yang diusulkan dan telah menyatakan kesediaan maka forum ini menyatakan aklamasi untuk Ketua IKA FKG Unhas kepada adinda drg. Andi Rachmatika Dewi sebagai ketua IKA FKG Unhas untuk empat tahun ke depan," demikian Andi Fatahuddin.


Cicu dalam sambutannya mengajak para peserta Musyawarah bersama-sama mendoakan almarhumah Hasnah Syam agar dilapangkan kuburnya dan kiranya husnul khatimah. "Semoga kita semua juga selalu dalam lindungan Allah S.w.T,."


“Terima kasih atas kepercayaan guru-guru saya, kakanda dan adinda, ini adalah amanah besar dan tentu saya tidak bisa dibiarkan sendiri. Diperlukan kebersamaan, sInergitas, harmoni, dan kolaborasi dan insyaallah ke depan kita semua alumni FKG Unhas akan mengambil peran positif dan konstruktif dalam upaya mewujudkannya bagi seluruh lapisan masyarakat tekhusus di sektor kesehatan.


Musyawarah IKA FKG Unhas ini dipandu oleh tiga pimpinan sidang drg. Muhammad Ikbal, Sp.Pros, drg. Fadhlil Ulum A Rahman Sp.RKG(K), dan Ketua Sidang oleh drg. Andi Fatahuddin, M.Adm.Kes.


Sumber Foto: Andi Fatahuddin





Iklan

iklan