Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Dinas Ketahanan Pangan Prov. Sulawesi Selatan Launching Pasar Pangan Segar Aman di Kab. Sidrap dan Gowa

Admin
Jumat, 08 Desember 2023, 12/08/2023 WIB Last Updated 2023-12-11T07:33:58Z

 

Dinas Ketahanan Pangan Prov. Sulawesi Selatan Launching Pasar Pangan Segar Aman di Kab. Sidrap dan Gowa

SULSELEXPOSE.ID - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHBUNTP) Kabupaten Sidrap Melaunching Pasar Pangan Segar Aman Manisa Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap. Jum'at (08/12/2023)


Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) bertujuan untuk memperkuat sistem pengendalian internal dalam penanganan, penyimpanan, distribusi, penjualan pangan yang aman, meningkatkan pengetahuan pedagang, pengelolaan Pasar, meningkatkan pengetahuan konsumen tentang keamanan pangan dan menjaga lingkungan Pasar Tradisional yang sesuai dengan prinsip sanitasi


Sasarannya untuk membentuk sistem pengendalian internal dalam penjaminan keamanan pangan segar, terjaminnya keamanan pangan dalam rantai pasokan pangan serta terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat pada Pasar Tradisional. terkait hal tersebut Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Sidrap Melaunching Pasar Pangan Segar Aman Manisa di Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap.


Selain itu dipasar pangan segar aman manisa ini secara berkala akan dilakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel dari pangan yang ada untuk diperiksa di laboratorium yang ada di Pasar Manisa untuk menjamin Keamanan pangan dari segala macam cemaran baik fisik, kimia dan biologi hal ini untuk memberi jaminan kepada masyarakat agar pangan yang diperolehnya dari pasar itu dijamin aman oleh pemerintah.


Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Ibrahim, SP Menjelaskan Keamanan Pangan dan Mutu Pasar Rakyat Tradisional dan modern harus dipastikan higienitas kebersihannya sehingga perlu dirumuskan upaya untuk mencegah insiden terkait dengan pangan seperti keracunan makanan, pemalsuan produk dan penyebaran penyakit serta insiden-insiden lainnya, dikatakan Pasar sebagai tempat penyedia pangan yang dibutuhkan masyarakat luas sehingga harus terjamin keamanannya dan untuk menjamin produk pangan agar aman juga di fasilitasi pos pantau pengawasan serta dilengkapi dengan alat rapid tes dan pengawasan secara simultan dan regular di pasar ini.


melalui pencanangan pasar pangan segar aman (pas aman) di pasar Manisa Kabupaten Sidrap ini diharapkan dapat menjadi sentra penyedia pangan yang aman higienis untuk masyarakat serta mendorong peningkatan kesadaran pedagang, pengelola pasar dan konsumen pasar segar aman tentang pentingnya keamanan pangan.


Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa Menggelar Launching Pasar Pangan Segar Aman (Pas Aman) Yang Di Pusatkan Di Pasar Rakyat Bontorea Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.


Pasar Pangan segar aman (PAS AMAN) ini merupakan Program Badan Pangan Nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa dan dibina oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan.


Tujuannya adalah untuk membuat pasar yang bersih higienis dan aman serta terbebas dari cemaran fisik, kimia dan biologi hal ini untuk memberi jaminan kepada Masyarakat agar pangan yang diperolehnya dari pasar itu dijamin aman oleh Pemerintah.


seperti halnya yang dilakukan dipasar pangan segar aman Bontorea ini secara berkala akan dilakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel dari pangan yang ada untuk diperiksa di laboratorium yang ada di Pasar Bontorea untuk menjamin keamanan pangan dari segala macam cemaran.


selain itu di Pasar Bontorea ini juga akan ada internal control sistem yang bertugas untuk menjaga dan memastikan higienitas kebersihan dan keamanan pangan di pasar tersebut, kepala bidang keamanan pangan Kabupaten Gowa Abu Harun, S.Pt, M.Adm.Pemb. mengatakan program ini sebagai salah satu upaya untuk menjamin produk pangan agar aman yang di fasilitasi pos pantau pengawasan serta dilengkapi dengan alat Rapid tes dan pengawasan secara simultan dan regular di pasar dengan penguatan sumber daya manusia (sdm) untuk melakukan pengambilan sampel dan contoh agar mampu mewakili populasi pangan segar yang ada di pasar tersebut.


Pasar Pangan segar Bontorea ini diharapkan dapat menjadi tempat yang aman bagi masyarakat untuk berbelanja dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal karena keamanan pangan adalah merupakan prioritas utama dan Pemerintah terus berkomitmen untuk memastikan pasokan pangan yang aman dan sehat bagi semua warga masyarakat, turut hadir Camat Pallangga, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, Skpd Kabupaten Gowa serta para Pedagang Pasar Bontorea

Iklan

iklan