Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Ini Empat Jurusan di SMKN 7 Wajo, Salah Satunya Sangat Langka

Jumat, 03 Mei 2024, 5/03/2024 WIB Last Updated 2024-05-02T21:47:45Z


WAJO-Jelang usia ke sembilan tahun, UPT SMK Negeri 7 Wajo kian berkembang. Ruang Praktik Siswa (RPS) makin lengkap ditambah hadirnya Laboratorium Fisika, Ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan Ruang Kelas Baru (RKB). Sekolah vokasi ini terletak di Desa Lalliseng, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.


Sekolah yang telah terakreditasi A (Unggul) ini menyelenggarakan empat program keahlian. Yang pertama adalah Desain, Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) yang jebolannya diharapkan mampu membuat gambar/mendesain bangunan dengan aplikasi di komputer, menghitung jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Hari Orang Kerja (HOK), menjadi pelaksana lapangan, mengawasi mutu pekerjaan, mengendalikan proyek, menjamin ketersediaan material bangunan, dan menjadi konsultan. 


Energi listrik adalah kebutuhan yang melonjak akhir-akhir ini. Perluasan sumber energi ke sumber-sumber terbarukan (non-fosil) membutuhkan teknisi-teknisi terampil. Pembangkit listrik tenaga bayu, tenaga nuklir, tenaga biogas, tenaga panas bumi, tenaga air serta sumber terbarukan lainnya menjadi harapan masa depan di tengah menipisnya energi fosil (tidak terbarukan). Jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (TPTL) hadir bagi pelajar yang berminat menekuni seluk-beluk pembuatan sistem pembangkit tenaga listrik, mengoperasikan dan menilai sistem kerja pembangkit.



Kompetensi Keahlian TPTL adalah jurusan yang sangat langka. Tidak banyak di Sulawesi Selatan.


Kini warga Bumi (earthlings) menggandrungi mobil-mobil metik. Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di sekolah kejuruan ini mempelajari tentang alat-alat trasnportasi darat yang menggunakan mesin. Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya pada bidang otomotif, baik mobil niaga maupun mobil penumpang. Perawatan dan perbaikan mobil menjadi bekal jebolan jurusan ini.



Sementara jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) menggabungkan antara keterampilan dan kemampuan bisnis. Kombinasi bisnis dan keterampilan dalam pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor. Kini motor metik semakin laris, montir-montir handal sangat diperlukan pada teknologi teranyar ini. 


Sumber Foto: Komite SMKN 7 Wajo

Iklan

iklan