Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Salurkan Bantuan ke Korban Angin Kencang, Pemkab Wajo Imbau Tetap Waspada

Admin
Kamis, 31 Maret 2022, 3/31/2022 WIB Last Updated 2022-04-20T16:51:49Z


WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo bergerak cepat melakukan penanganan di lokasi yang terkena angin kencang, Kamis (31/3/2022). Sehari sebelumnya, Rabu (30/3/2022), angin kencang menyapu puluhan rumah warga di Kecamatan Bola dan Takkalalla. 

Tercatat, di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bola, 48 rumah warga mengalami kerusakan dan 5 rumah di Desa Pattangae, Kecamatan Takkalalla. Kondisi rumah rata-rata mengalami kerusakan sedang dan berat.

Menyikapi bencana tersebut, Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengambil langkah cepat dengan menginstruksikan dinas terkait untuk segera melakukan penanganan. 


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo kami turut prihatin atas bencana ini. Semoga saudara kita yang ditimpa bencana diberi ketabahan dan kesabaran," kata Amran Mahmud melalui pesan WhatsApp. 

"Saya juga memerintahkan kepada dinas-dinas terkait untuk segera turun melakukan pendataan dan evakuasi dan memberikan bantuan kepada korban," tambahnya. 

Untuk langkah awal, Pemkab Wajo melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah melakukan asesmen terhadap rumah yang mengalami kerusakan. 


Kepala Dinas Sosial Wajo, Muh. Jahran, menyebutkan pihaknya sudah melakukan pendataan jumlah rumah yang rusak. Termasuk menyalurkan bantuan sementara ke warga yang menjadi korban di dua kecamatan.

“Para korban kita sudah berikan bantuan kebutuhan dasar, seperti makanan siap saji, makanan anak, sandang bayi, family kit, selimut, matras, dan kasur lipat merah, serta pampers bayi," kata Jahran. 

Selain telah mendistribusikan bantuan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi lain yang terkait untuk tindak lanjut penanganan. Termasuk tiap saat menjalankan arahan atau petunjuk Bupati Wajo yang sedang berada di luar daerah menjalankan tugas.

"Saat ini kondisi normal dan masyarakat beraktivitas seperti semula dan kita juga sementara melakukan penyisiran dan pembersihan bangunan rumah yang rusak," ucapnya. 

Pemkab Wajo melalui personel Tagana telah melakukan imbauan kepada masyarakat dan pemerintah setempat untuk tetap waspada terhadap potensi ancaman bencana untuk kesiapsiagaan.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wajo, Sri Irmayanti, menyampaikan bahwa bantuan dari provinsi sementara dalam perjalanan menuju Wajo.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur (Andi Sudirman Sulaiman) atas bantuannya. Insyaallah akan kita salurkan sebagaimana mestinya. Kami juga sudah serahkan bantuan tadi kepada korban stok shelter kit yang masih tersedia," ucapnya. (*)

Editor : Andi Ukky

Iklan

iklan