Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Dosen Teknik UNM Latih Siswa SMK Menjadi Enterpreneur

Uceng
Kamis, 03 November 2022, 11/03/2022 WIB Last Updated 2023-12-09T23:19:20Z


Sulselexpose.id.MAKASSAR.Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), yakni Ir. Labusab, S.Pd., M.T sebagai Ketua Tim, Ir. Ismail Aqsha, M.Pd., dan Ir. Fitrah Asma Darmawan, M.Pd. sebagai anggota tim memberikan pelatihan cetak screen printing untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dalam membangun jiwa entrepreneurship pada diri siswa SMK di Polewali Mandar Sulawesi Barat. Ketigannya dari dosen Fakultas Teknik UNM merupakan tim pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juni 2022 di SMK Negeri Bulo Polewali Mandar Sulawesi Barat. 


"Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa masa pandemi covid-19 yang lalu memberikan dampak yang luar biasa terhadap hampir seluruh sendi kehidupan masyarakat, termasuk lapangan pekerjaan. Pada masa pandemi banyak masyarakat yang kesulitan untuk mencari pekerjaan," pungkas Ocha sapaan akrab Ir. Labusab, S.Pd., M.T. Ocha menambahkan bahwa untuk menyukseskan pelatihan ini, dirinya bersama tim bekerjasama dengan pihak mitra telah melakukan persiapan yang matang demi terlaksananya kegitan ini. Senada dengan itu, Ismail Aqsha menuturkan bahwa “pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam mempersiapkan dan membangun jiwa berwirausaha siswa dalam hal jasa cetak/sablon kaos”. 


“diharapkan Keterampilan cetak Screen Printing menjadi kompetensi tambahan bagi siswa sehingga peserta diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru setelah lulus/selesai dari SMK. Para siswa menyambut baik kegiatan pelatihan ini karena mereka dapat memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya", terang ocha.


Pelatihan ini diikuti kurang lebih 50 siswa dari kelas X, XI dan XII SMK Negeri Bulo Polewali Mandar yang terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama para peserta pelatihan diberikan materi terkait kewirausahaan dan pengenalan percetakan dan teknik penyablonan baju. Pada sesi kedua melakukan praktik percetakan baju secara langsung.


Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, M.T., IPU. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M UNM) menuturkan bahwa “kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen pengabdi LP2M UNM adalah salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni melakukan pengabdian masyarakat untuk membantu meningkatkan skill/kompetensi masyarakat khususnya siswa-siswi SMK yang ada di Polewali Mandar Sulawesi Barat.


Tim PKM berterima kasih kepada Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP, IPU., Asean-Eng. selaku Rektor UNM yang telah memberikan dukungan terlaksananya kegiatan pelatihan ini. Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M UNM) yang telah memberikan izin pelaksanaan kegiatan ini, dan kepada SMK Negeri Bulo Polewali Mandar atas kesediaannya membangun kemitraan dan kerjasama demi lancar dan suksesnya kegiatan pelatihan ini.

Iklan

iklan