1

Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Terpilih Aklamasi pada Sidang Cabang, Fierenziana GJ Pimpin PPPSI Makassar

Minggu, 05 November 2023, 11/05/2023 WIB Last Updated 2023-12-09T16:27:56Z


Abdul Wahab Dai
Jurnalis Warga (Anggota Luar Biasa PPPSI Cabang Makassar)

MAKASSAR - Dosen dan akademisi Departemen Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin Makassar Dr. Fierenziana G Junus, M.Hum. baru saja terpilih secara aklamasi pada Sidang Cabang Perhimpunan Pengajar Prancis Seluruh Indonesia (PPPSI) Makassar 2023 lewat temu virtual Zoom semalam (Sabtu, 4 November 2023).


Sidang cabang dihadiri oleh para pengajar bahasa Prancis dari berbagai lembaga pendidikan seperti beberapa perguruan tinggi, sekolah menengah, dan penyedia kelas kursus bahasa Prancis di Makassar dan sekitarnya.


Merujuk pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atau AD/ART PPPSI terdapat 3 macam keanggotaan PPPSI yakni Anggota Biasa yaitu mereka yang aktif mengajarkan bahasa Prancis, Anggota Luar Biasa yakni mereka yang tidak mengajarkan bahasa Prancis lagi dan meninggalkan tugas akan tetapi tidak melepaskan keanggotaannya, serta Anggota Kehormatan yakni mereka yang berjasa terhadap Perhimpunan.



Acara diawali dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Sidang Cabang PPPSI Makassar 2023 Masdiana, S.S., M.Hum. Selanjutnya Abdul Wahab Dai, S.S. memimpin sidang sebagai Pimpinan Sidang dan memberi waktu kepada Ketua PPPSI Cabang Makassar Prof. Dr. Muhammad Hasyim, M.Si. menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban masa kepengurusan keduanya sebelum demisioner.


Setelah Tata Tertib Sidang Cabang disepakati oleh peserta, nama Fierenziana GJ yang muncul sebagai calon tunggal akhirnya disepakati secara aklamasi dan ditetapkan oleh Pimpinan Sidang sebagai Ketua PPPSI terpilih Periode 2023-2027 meneruskan kepemimpinan Muhammad Hasyim.


Pada bagian akhir Pimpinan Sidang memberi kesempatan kepada ketua terpilih untuk menyampaikan pidato penerimaan.


"Kita ucapkan terima kasih kepada Monsieur Hasyim atas dedikasinya terhadap organisasi profesi kita ini dan saya berharap pasca-Sidang Cabang ini kita berbenah kembali untuk menjalankan roda oganisasi," ujar Fieren sesaat setelah terpilih.


Fieren mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Pengurus Pusat PPPSI di bawah kendali Prof. Dr. Tri Indri Hardini, M.Pd. untuk melaporkan hasil Sidang Cabang PPPSI Makassar 2023.


PPPSI yang dalam versi bahasa Prancis disebut Association des professeurs de français d'Indonésie (APFI) adalah sebuah organisasi profesi para pengajar bahasa Prancis pada berbagai level lembaga pendidikan di Indonesia baik di perguruan tinggi, pendidikan menengah, maupun pada kursus/kelas bahasa Prancis.


Sebagai gambaran, PPPSI Cabang Makassar mewadahi para pengajar bahasa Prancis di Makasar dan sekitarnya.


Peta pengajaran bahasa Prancis saat ini menunjukkan selain diajarkan di Departemen Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin, juga diajarkan di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, SMP dan SMA Athirah Makassar, SMAN 11 Makassar, SMKN 8 Makassar, serta SMAN 16 Makassar.


Mata Pelajaran Bahasa Prancis juga diajarkan di SMK Telkom Sandhy Putra Makassar. Di luar Kota Makassar bahasa Prancis diajarkan juga di Pesantren An-Nuriyah Bonto Cini Jeneponto pada tingkat  Madrasah Aliyah.


Di sebuah MAN di Barru juga dikabarkan terdapat mapel Bahasa Prancis. Sementara itu pada salah satu sekolah vokasi teknik di Wajo sempat diajarkan Bahasa Prancis sebagai Muatan Lokal dalam beberapa tahun.


Di Sulawesi Barat tepatnya di SMAN 1 Polewali Mandar bahasa Prancis juga diajarkan sebagai mata pelajaran. Dari Palu Sulawesi Tengah dilaporkan eksistensi dan perkembangan bahasa Prancis di Warung Prancis Universitas Tadulako (International Office UNTAD Palu)  dan bahasa Prancis diajarkan sebagai mata kuliah Bahasa Asing di FKIP Pendidikan Bahasa Indonesia.Di Palu juga diajarkan bahasa Prancis di MAN 2 Palu.


Kabar tentang eksistensi pembelajaran bahasa Prancis di Luwuk (Sulawesi Tengah) tidak terdengar lagi.


Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Haluoleo di Kendari juga telah membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis.


Alliance Française (AF) Makassar juga mengajarkan bahasa Prancis dan dan melaksanakan promosi budaya Frankofon. Telah tersedia kelas-kelas bahasa Prancis sejak lama. Penulis sendiri adalah alumnus AF Makassar era 1990-an.


Di Sulawesi Utara juga diajarkan bahasa Prancis di Universitas Negeri Manado, namun para pengajar di sana bergabung dalam wadah PPPSI Cabang tersendiri.


Sumber Foto: Koleksi Penulis

iklon

Iklan

iklan

iklan