Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Pohon Tumbang Timpa Rumah di Soppeng, Tidak Ada Korban Jiwa

Admin
Minggu, 07 Januari 2024, 1/07/2024 WIB Last Updated 2024-01-07T12:01:10Z

 


SOPPENG - Sebuah pohon besar tumbang dan menimpa rumah milik Rustang, warga Desa Baringeng, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, pada Minggu (7/1/2024) sekitar pukul 16.00 Wita. Kejadian ini disebabkan oleh hujan deras yang disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut.


Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Rustang dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri sebelum pohon tumbang menghancurkan rumah mereka. Namun, kerugian materiil yang ditimbulkan mencapai Rp5 juta.


Pohon tumbang juga sempat menyebabkan kemacetan kurang lebih 1 kilometer. Karena lokasinya berada di jalan penghubung Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Wajo


Pohon Tumbang Poros Soppeng - Wajo Tanjongge Desa Baringeng Kec. Lilirilau


Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Soppeng bersama Tagana Soppeng, aparat setempat, dan warga sekitar segera datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Mereka berhasil memotong dan mengangkat pohon yang tumbang dengan menggunakan peralatan yang tersedia.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Soppeng, Shahrani  mengatakan bahwa pohon yang tumbang merupakan pohon asam yang sudah tua dan rapuh. Ia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem, terutama pohon tumbang yang dapat membahayakan jiwa dan harta benda.


"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan mengantisipasi bencana, terutama pohon tumbang. Jika ada pohon yang kondisinya sudah rentan, sebaiknya dipangkas atau ditebang agar tidak menimbulkan korban," ujarnya 


(Rudinan)

Iklan

iklan